Kamis, 22 September 2011

PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN


Pengolahan informasi pada diri konsumen terjadi ketika salah satu pancaindera konsumen menerima input dalam bentuk stimulus.

Ada lima tahap pengolahan informasi:
  • pemaparan (exposure), yaitu: pemaparan stimulus kepada konsumen
sensasi adalah: respon langsung dan cepat dari pancaindera terhadap stimulus yang datang.
ambang absolut adalah: jumlah minimum intensitas atau energi stimulus agar seorang konsumen dapat merasakan adanya stimulus.
 perbedaan ambang adalah perbedaan terkecil yang dapat dirasakan antara dua stimulus yang mirip.
  • perhatian (attention), yaitu: kapasitas pengolahan konsumen yang dialokasikan  konsumen terhadap stimulus yang masuk.
ada dua faktor yang mempengaruhi perhatian konsumen:
- faktor pribadi konsumen
- faktor stimulus
   terdiri dari: ukuran, warna, intensitas, kontras, posisi, petunjuk, gerakan, kebauran, isolasi, stimulus yang      disengaja, pemberi pesan yang menarik, dan perubahan gambar yang cepat
. 

  • pemahaman (comprehension), yaitu: interpretasi terhadap makna stimulus.
ada tiga teknik agar suatu iklan dapat dipahami dengan baik oleh konsumen, yaitu:
-gambar dan latar belakang
-pengelompokan
-closure
  • penerimaan ( acceptance ), yaitu: dampak persuasif stimulus kepada konsumen

  • retensi ( retension ), yaitu: pengalihan makna stimulus dan persuasi ke ingatan jangka panjang.
ada tiga jenis memori yang manusia miliki, yaitu: 
-memori sensori ( tempat penyimpanan memori sementara, kurang dari satu detik)
-memori jangka pendek ( tempat penyimpanan informasi untuk waktu yang terbatas dan kapasitas yang terbatas, kurang dari 30 detik)
-memori jangka panjang (  tempat penyimpanan informasi dalam jangka panjang dan kapasitas yang tidak terbatas, bersifat permanen)


istilah-istilah penting: 

 Rehearsal: kegiatan konsumen untuk mengingat kembali ingatan yang telah disimpan dan menghubungkannya dengan informasi lainnya yang sudah tersimpan dalam memorinya.

Encoding: proses untuk  menyeleksi sebuah kata atau gambar untuk menyatakan suatu persepsi terhadap sebuah objek

Retrieval: proses mengingat kembali ingatan yang telah tersimpan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 

1 komentar: